Jenis-jenis promosi Berdasarkan Media

4 Jenis Promosi Berdasarkan Media


1. Above The Line

Add caption

Target audiens yang luas, Lebih untuk menjelaskan sebuah konsep atau ide. Tidak ada interaksi langsung dengan audiens, Media yang digunakan :
- Televisi
- Radio
- Print Add (Koran, Tabloid, Majalah, dsb)
- Website
- Cinema



2. BTL singkatan dari Below The Line

Target audiens terbatas - Media atau kegiatannya memberikan audiens kesempatan untuk merasakan, menyentuh atau berinteraksi, bahkan langsung action membeli, Media yang digunakan :
- Direct Selling
- Sampling
- Event
- Sponsorship
- Consumer Promotion
- Trade Promotion



3. TTL singkatan dari Through The Line

Merupakan grey area antara ATL dan BTL. Penggabungan keduanya, misal : Sampel produk yang ditempel di majalah.












4. O/I singkatan dari Outdoor/Indoor
Promosi yang menggunakan fasilitas di dalam dan di luar ruangan dan biasanya berupa tampilan/pajangan. Tujuan penggunaannya yaitu untuk membangun persepsi dan pandangan positif yang lazim disebut awareness & image, O/I ini dibagi kedalam 3 kategori, yaitu :

1. Permanen,  Contohnya :
   
Baliho (Satu muka/dua muka), Ukuran panel < 30 m2, Tinggi < 2m, Penempatan di 
jalan umum
- Midis (Satu muka/dua muka), Ukuran panel < 30 m2 Tinggi > 2m, Penempatan di jalanumum

   
-  Billboard, Ukuran min 30 m2, Tiang penyangga 1, PJU (Penerangan        
       Umum), Ukuran > 8 m2
    








-  LED Screen















2.  Other Permanen Contohnya :
     
- Mobile Branding

    










 - Neon Box

    










 - Shop Sign












3. Non Permanen, Contohnya


   - Spanduk

   










- Umbul-umbul

   










- POSM