4 Jenis Promosi Berdasarkan Media
1. Above The Line
Add caption |
Target audiens yang luas, Lebih untuk menjelaskan sebuah konsep atau ide. Tidak ada interaksi langsung dengan audiens, Media yang digunakan :
- Radio
- Print Add (Koran, Tabloid, Majalah, dsb)
- Website
- Cinema
2. BTL singkatan dari Below The Line
Target audiens terbatas - Media atau kegiatannya memberikan audiens kesempatan untuk merasakan, menyentuh atau berinteraksi, bahkan langsung action membeli, Media yang digunakan :
- Direct Selling- Sampling
- Event
- Sponsorship
- Consumer Promotion
- Trade Promotion
3. TTL singkatan dari Through The Line
Merupakan grey area antara ATL dan BTL. Penggabungan keduanya, misal : Sampel produk yang ditempel di majalah.
4. O/I singkatan dari Outdoor/Indoor
Promosi yang menggunakan fasilitas di dalam dan di luar ruangan dan biasanya berupa tampilan/pajangan. Tujuan penggunaannya yaitu untuk membangun persepsi dan pandangan positif yang lazim disebut awareness & image, O/I ini dibagi kedalam 3 kategori, yaitu :
1. Permanen, Contohnya :
jalan umum
- Midis (Satu muka/dua muka), Ukuran panel < 30 m2 Tinggi > 2m, Penempatan di jalanumum
- Billboard, Ukuran min 30 m2, Tiang penyangga 1, PJU (Penerangan
Umum), Ukuran > 8 m2
- LED Screen
2. Other Permanen Contohnya :
- Mobile Branding
- Neon Box
- Shop Sign
3. Non Permanen, Contohnya
- Spanduk
- Umbul-umbul
- POSM